DESAIN GRAFIS




Assalamualaikum wr.wb

Hy guys.. 


Apa itu desain grafis..? sebelum kita membahas lebih jauh mengenai hal-hal yang menyangkut tentang desain grafis, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud desain grafis.

Desain grafis berasal dari 2 buah kata yaitu Desain dan Grafis. kata desain sendiri memiliki arti yaitu sebuah proses atau perbutan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang. Sedangkan Grafis sendiri yaitu titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak.

jadi... dapat diartikan bahwa...

Desain Grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tulisan, bentuk dan gambar yang dimaksudkan untuk menciptakan presepsi akan suatu pesan yang disampaikan. Bidang ini melibatkan proses komunikasi visual. Software desain grafis pun banyak kita jumpai ada yang menggunakan CorelDraw, Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, dan lain sebagainya. 

lalu apa saja sih elemen-elemen desain itu..?
Nah berikut penjelasannya..

Elemen Desain 
   Secara garis besar ada beberapa elemen desain yaitu:
1. Line (garis)
adalah unsur desain yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang lainnya sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung atau lurus.
2. Bentuk (Shape)
adalah segala hal yang memiliki diameter tinggi dan lebar. bentuk dasar yang dikenal adalah kotak (Rectangle), lingkaran (Circle), dan segitiga (Triangle).
3. Tekstur (Texture)
adalah tampilan permukaan (corak) dari suatu benda yang dapat dinilai atau diraba. teksture sering dikategorikan sebagai corak dari suatu permukaan benda, misalnya permukaan karpet, baju, kulit kayu, dan lain sebagainya.
4. Ruang (Shape)
adalah jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya yang pada praktek desain dapat dijadikan unsur untuk memberi efek estetika desain.
5. Ukuran (Size)
adalah unsur lain dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu objek. dengan mnggunakan unsur ini anda dapat menciptkan kontras dan penekanan (emphasis) pada obyek desain anda sehingga orang akan tahu mana yang akan dilihat atau dibaca terlebih dahulu.
6. Warna (Color)
adalah unsur penting dalam obyek desain untuk menarik perhatian. Dengan warna orang bisa menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk visual yang jelas. dalam prakteknya warna dibedakan menjadi 2 yaitu: warna RGB (Red,Green,Blue) yang biasanya digunakan pada warna lampu, monitor, TV, dan sebagainya dan warna CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Black) yang biasanya digunakan dalam proses pencetakan gambar ke permukaan benda padat seperti kertas, logam, kain atau plastik.

Nah segitu dulu ya guys.. ulasan mengenai Desain Grafis..
Wassalamualaikum wr.wb


#semoga bermanfaat
#rstnpynt:)
x